Rabu, 26 November 2014

Monthly Disabilitea~

Monthly Disabilitea adalah agenda bulanan yang diselenggarakan oleh PLD UIN SUKA.
Pada momen ini aku diberi kesempatan sebagai pembicara untuk mengisi acara tersebut, tepatnya pada tanggal 24 November 2014. (ciyeeeeeeeeeeeee~ suara dari kejauhan kemudian hening)
On that occasion, aku mempresentasikan hasil penelitianku yang berkaitan dengan inklusi.
ini pamfletnya ^_^
Acara ini dibuka untuk umum, tapi jumlah pesertanya sepertinya dibatasi mengingat ruang yang ada juga terbatas. Di forum ini, aku berdiskusi, sharing, banyak ngobrol, dan jalannya santai banget karena ini bukan forum seserius forum rapat DPR. *apasih* -___-
Para penyandang disabilitas pun hadir, ada tunanetra dan tunarungu. Jadi, saat aku bicara, ada penerjemah tunarungu di sampingku yang memberikan penjelasan lebih lanjut kepada penyandang tunarungu.
Anyway, setiap berhadapan dengan orang yang berbeda denganku (baca: para penyandang disabilitas) aku selalu takjub. Why? Karena mereka adalah cerminan orang yang kuat. Mereka bisa survive di balik kekurangan yang ada pada diri mereka. Terlebih mereka tetap semangat belajar. Nggak kayak aku, belajar pun masih ogah-ogahan. *oke ini ngga penting - skipskipskip*

Sepertinya gambar jauh lebih bisa 'berbicara' dibandingkan penjelasan yang kupaparkan. Oleh karena itu, aku akan menampilkan foto-foto wae. Cekidot gan:
yang tengah pake kerudung gelap itu ibu moderator, yang kanan kemeja kotak-kotak itu mas penerjemah tunarungu.
Setelah aku presentasi, penyandang tunanetra dipersilakan untuk 'coba-coba' menggunakan alat peragaku dan memberikan testimoni.
nyobain alat peraga sistem tata surya
membaca thermoform
Sebenernya setelah acara selesai, banyak yang coba-coba mempraktikkan aksesibilitas alat peragaku. Namun, sayang sekali ngga sempat didokumentasikan. *mukangambek*
peserta forum
jujur saja, aku terlihat lebih 'berisi', mungkin efek baju kali yaaaa :p
Well, gimana ceritanya aku bisa jadi pembicara di sini?
Jadi gini, awalnya ada semacam sayembara tuan putri beasiswa penelitian. Yang mengadakan beasiswa ini adalah tim PLD UIN SUKA.
Aku daftar tuh. Setelah nunggu-nunggu sembari baca jampi-jampi keramat, akhirnya tibalah masa penantianku. Aku dilamar!! Oh, salah fokus, sorisoriii. (Bangun, Ell, banguuunn) -___-
Pengumuman itu datang juga. Langsung aku cek di sini, and Alhamdulillah dapet jawaban. It was surprising!
ada namaku yang terpampang nyata *tsaaaahh*
Alhamdulillah, rejeki emang dateng kalo dijemput yaahhh. ^_^
Aku dapet beasiswa itu dengan syarat bersedia bikin jurnal dengan ketentuan yang diberikan oleh pihak PLD UIN SUKA dan mengisi acara di Monthly Disabilitea sebagai narasumber/pembicara.
Jurnalnya sudah kuserahkan dan aku juga udah ngisi di acara tersebut. Alhamdulillah, beasiswanya sudah di tanganku. Terima kasih, PLD UIN SUKA. \(^_^)/
That was an amazing experience. Alhamdulillah. Terima kasih tiada tara untuk Allah, Tuhanku Yang Maha Asyik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar